fbpx

Cara Membuat Call to Action yang jitu

 

Punya bisnis online? Maka anda butuh dengan apa yang disebut call to action. Apa sih call to action? Kenapa kita butuh ini? Bagaimana cara membuat call to action yang jitu?

Call to Action adalah sebuah instruksi untuk memprovokasi target market anda agar mereka memberikan tanggapan secara seketika. Biasa menggunakan sebuah kata kerja seperti “Order Now”, “Beli Sekarang”, “Download”, dll.

Secara sederhananya call to action atau biasa disingkat CTA adalah apa yang anda ingin dilakukan oleh target market anda.

Jika anda lagi jalanin marketing binis online, maka anda harus buktikan “value” kepada target market anda. Seperti memberikan informasi pada sebuah artikel atau bikin video tutorial, kuncinya adalah membuktikan “nilai” dari produk anda dan menciptakan “trust” target market.

Ketika melakukan hal tersebut maka anda butuh untuk memberitahukan target market apa yang anda mau untuk mereka lakukan. Seperti mengetikan Nama dan Email mereka pada form website, atau mengklik link tertentu atau bisa ajakan follow pada akun Instagram.

Apapun itu, jangan berasumsi bahwa mereka tahu apa yang anda inginkan dari mereka.

Berikut 6 tips membuat Call to Action yang jitu

1. Ciptakan “persuasive lead magnet

Persuasive lead magnet merupakan sebutan yang biasa digunakan Insternet Marketer untuk memberikan sesuatu yang gratis kepada pengunjung atau traffic yang datang dilanding page, dengan menukarkan data pengunjung tersebut.
Itu bisa sebuah ebook, audio atau video edukasi.
Apapun itu, harus membuktikan “value” kepada target market anda.

2. Tidak ada paksaan, tanpa resiko

“Give-away” anda tersebut harus GRATIS meskipun sebenarnya tidak gratis 100%. Biarkan target market anda tahu bahwa mereka melakukannya tanpa mendapatkan resiko dan tidak ada sebuah keharusan mereka harus ikuti call to action anda.

3. Buat sederhana

Call to action anda harus satu langkah. “Klik tombol ini” atau “Download ebook ini gratis”. Buat sesederhana mungkin dan jangan perna berasumsi bahwa seseorang tahu apa yang anda inginkan dari mereka.

4. Sadarkan mereka akan “rasa sakit” dan tunjukkan solusinya

  • Rasa sakit apa yang pernah dialami target market anda? Tanyakan ini untuk membantu anda menciptakan lead magnet
  • Hal apa yang sedang mereka perjuangkan?
  • Tantangan apa yang sedang mereka hadapi?

Bisa juga dengan hal apa yang menjadi fokus pada artikel dan CTA anda.

5. Gunakan “social proof”

Target market anda ingin tahu bahwa anda sudah berkerja untuk orang lain atau produk anda sudah dikonsumsi orang lain. Mereka butuh untuk tahu, menyukainya dan percaya anda untuk mengikuti call to action yang anda buat.

Social proof merupakan cara yg paling cepat dan mudah untuk membangun kepercayaan target market anda. Minta testimoni atau berikan contoh customer atau client yang sudah anda bantu.

6. Tawarkan bonus

Siapapun ingin bonus!
Bonus apa yang bisa anda tawarkan kepada lead market anda?

Pada dasarnya apapun jenis bonusnya bisa anda tawarkan. Bisa sesuatu yang berhubungan dengan produk anda atau sesuatu yang dianggap bernilai oleh target market anda.

Contoh, Give away ebook “Bagaimana meningkatkan omzet bisnis”. Sebagai bonus, mungkin bisa anda tambahkan video pendek yang menjelaskan 7 tips untuk menaikan omzet bisnis.

Apapun itu, buat berguna dan anda akan menciptakan sebuah call to action yang jitu!!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Jika benar bermanfaat silahkan tinggalkan komen dan share ke social media anda.

Sukses untuk kita semua!